Kamis, 28 November 2013

SUMBER MARTABAT DAN KHARISMA PEMIMPIN


SUMBER MARTABAT DAN KHARISMA PEMIMPIN
Bagian Modul Pelatihan Kepala Sekolah.

1. Spiritual Power: Memiliki kualitas rohani yang dewasa dalam melaksakan Kepemimpinan yaitu: Getaran Nurani, Pola pikir, Pola Bicara dan Pola Tindak dalam melaksanan Kepemimpinan utamanya untuk kemuliaan Allah/Tuhan dan bermanfaat bagi makro kosmos [alam semesta] dan mikro kosmos [insane manusia];
2. Integrity Power : Memiliki sikap tulus dan jujur dalam memimpin. Adanya keutuhan hubungan antara suara hati nurani dengan yang dipikirkan, yang diucapkan, dan yang dilakukan.
3. Reference Power : Memiliki sikap panutan atau ketauladan akan hal yang baik dan benar dalam melaksanakan Kepemimpinan dlingkungannya;


4. Mental Abundan Power : Memiliki mental surplus-mental berkelimpahan yaitu : suka menolong, murah hati kepada satakeholder, rela repot demi kesejahteraan dan kebahagiaan yang di ayomi; rela berkorban kepentingan pribadi dan kelompoknya demi kemajuan organisasi yang dipimpin. Dan konsisten memberi lebih besar kontribusi kinerja dari pada kompensasi yang diterimanya.
5. Legitmate Power : Memiliki sikap yang teguh untuk taat azas dan konsisten mengikuti aturan main yang ditetapkan oleh pemerintah atau organisasi yang dipimpinya.
6. Expert Power : Memiliki kompetensi [kemampuan] penguasaan konsep yang luas dan dalam serta terampil melakukan tugas dan fungsi kepemimpinanya.
7. Excellence Power : Memiliki sikap mental unggul dalam melaksanakan tugas kepemimpinan. Berkomitmen memajukan Organisasi yang menjadi tanggung-jawabnya dan Ingin tampil yang terbaik bahkan melampaui target, memberikan yang terbaik kepada semua stakeholder dan orientasi hidupnya “ Membuat Tuhan Tersenyum” melalui amanah kepemimpinan yang di embanya.
Sahabatku materi ini bagian dari materi pelatihan bagi kepala Sekolah Se-Kabupaten Malinau Kalimantan Utara sebagai perwujudan dari Visi Bupati : Menjadi Kabupaten yang aman, nyaman dan damai melalui Gerdema [Gerakan Desa Membangun]. Semoga Bupati2 didaerah lain mengikuti program yang luar biasa ini. Salam dari Kabupaten Malinau. Salam NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar