Selasa, 08 Januari 2013

KEPUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI MEMBUBARKAN RSBI ADALAH BIJAK.

KEPUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI MEMBUBARKAN RSBI ADALAH BIJAK.

Ada sudut pandang beberapa sahabat pengambil kebijakan di NKRI ini jika berbau Internasional adalah hebat tanpa mengindahkan nilai Karakter yang ada di NKRI ini.

Setiap kami memberikan Seminar Membangun Guru Profesional dan Berkarakter Unggul kepada Guru2 di daerah ada 2 hal yang selalu kami pesankan utk ditinjau yaitu :


1. RSBI PERLU DITINJAU KEMBALI:
Alasannya: Semua anak bangsa mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang unggul baik kompetensi maupun karakter; Juga alasan lain, tanpa disadari ada unsur roh kapitalisme karena hanya orang yang mampu secara material bisa masuk sekolah tersebut.


2. PENGELOMPOKAN ORANG PINTAR DAN BIASA-BIASA:
Kami mengatakan sebaiknya digabung murid yang cepat menangkap dengan yang biasa-biasa daya tangkapnya. Jika di pisah bisa membangun karakter kesombongan dan egoisme serta karakter diskriminasi bagi murid yang dianggap cepat menangkap pelajaran terhadap yang biasa daya tangkap memahami pelajaran.

Manfaat jika di gabung akan terbentuk karakter kerja-sama, sikap perduli, rasa bersyukur dan rendah hati dan karakter unggul lainnya:
a. Karakter kerja-sama : Jika di gabung kedua kelompok murid tersebut akan ada interaksi untuk saling menerima kelebihan dan area pertumbuhan. Orang yg cepat menangkap belum tentu perangainya baik, tetapi yang terbatas menangkap bisa berperangai baik;
b. Sikap Peduli : Dalam proses belajar para murid yang cepat menangkap bisa dilatih agar rela memberi masukan dengan tulus kepada temannya yang belum cepat menangkap pelajaran sepertinya;
c. Rasa Bersyukur : Si murid yang terbatas daya tangkapnya merasa bersyukur karena ada sahabatnya yang bisa membantu proses belajarnya;
d. Rendah hati : Si murid yang cerdaspun hendaknya berlatih rendah hati sekalipun memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari temannya tetapi tetap rendah hati dengan menghargai dan membantu temannya yang lamban menangkap pelajaran.

Sahabats sebangsa dan setanah air baik di legislative, Eksekutif dan Yudikatif serta yang dunia pendidikan dan juga perusahaan serta di semua lembaga di NKRI ini marilah kita didik anak2 kita agar memiliki Ilmu yang bermanfaat dan berkarakter Unggul Profesional kini dan dimasa depan.

Pesan kepada Orang Tua : Batasilah harta warisan dunia bagi anakmu, tetapi tanpa bataslah berikan nasehat baik dan benar kepada anakmu. Jika harta material dunia diwariskan bisa habis dalam waktu tertentu, tetapi jika nasehat baik dan benar kita berikan itulah investasi dunia dan akhirat bagi anak kita.
Selamat Membangun Karakter Bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar